Wednesday, April 9, 2014

Bikin DIY Finger Tab

Hari ini saya mencoba membuat DIY FINGER TAB saya sendiri. Ini salah satu gear yang wajib dimiliki tiap archer agar jari tidak sakit saat menarik string busur. Oke, tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini persiapan dan cara yang saya lakukan untuk membuat finger tab.

Pertama saya siapkan kertas karton atau kertas gambar dari buku gambar anak-anak, sedikit kulit sapi yang agak tebal, pensil dan gunting.




Kemudian saya mencoba menggambar pola diatas kertas gambar dengan memakai tangan saya sendiri sebagai panduan pola nya. Saya menggunakan 2 lobang jari, ada beberapa archer yang memilih menggunakan 1 lobang. Hasilnya sebagai berikut.



Hasil gambar saya ini kemudian saya gunting dan saya coba pakai di tangan kanan saya, dan ternyata hasilnya kekecilan, dengan pola pertama yang kekecilan saya gambar lagi pola yang lebih besar. Hasilnya seperti dibawah ini.



Setelah pola kedua jadi, saya coba di tangan saya dan pas, kemudian saya memakai pola tersebut untuk menggambar finger tab di atas kulit dengan menggunakan bolpoint.

Setelah selesai, baru tinggal digunting dan hasilnya adalah sebagai berikut.



Saat nya untuk mencoba finger tab saya dengan memanah. Ternyata enak juga di tangan, simple, mudah membuatnya, murah dan yang terpenting nyaman.

Selamat mencoba!








Dari Amirul Mukminin, Umar al-Faruq ibn al-Khattab, Rasulullah SAW bersabda:
“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” - Shahih Bukhari dan Muslim

Bersabda Rasulullah SAW lagi:
“Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baiknya permainanmu.” - Hadith riwayat  Bazzar dan Thabarani

Dari Uqbah bin Amir RA dia berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda di atas mimbar: “Persiapkanlah semua kekuatan yang kalian miliki. Ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah.” - Shahih Muslim Hadith no. 1917

"Jika kamu melepaskan panahmu, maka jika kamu dapati binatang itu sudah mati, makanlah, kecuali jika binatang tersebut kamu dapati jatuh ke dalam air, maka kamu tidak tahu apakah air itu yang menyebabkan binatang tersebut mati ataukah panahmu." HR. Bukhari dan Muslim

"Jika kamu melepaskan panahmu, tetapi (binatang yang kamu panah itu) hilang (tidak kelihatan) selama tiga hari, kemudian kamu dapati telah mati, maka makanlah selama ia belum busuk." HSR. Ahmad dan Muslim






No comments:

Post a Comment