Tuesday, December 26, 2017

Survival Antenna for Ham Radio

Ketika masuk hutan untuk camping, hiking, hunting atau sekedar trekking sering kali kita agak kesulitan saat menggunakan HT dengan antena helical untuk terkoneksi dengan RPU yang jarak nya lumayan jauh ditambah dengan lebatnya pepohonan. Sedangkan untuk membawa antena base station terlalu merepotkan karena size nya dan bentuk fisiknya yang kurang mendukung untuk portable antena. Maka saya mencoba untuk membuat Survival Antenna dengan hanya menggunakan coaxial cable dan sepotong pvc, tentunya jika berhasil akan sangat praktis dan portable untuk dibawa-bawa ke hutan.






Silahkan tonton video-video nya di bawah ini... Saya belum sempat mencoba nya di dalam hutan, mungkin next time ketika ada kesempatan untuk ke hutan akan saya coba... untuk sementara saya berhasil terhubung dengan repeater (RPU) Jawa Timur yang terletak di gunung Bromo yang jaraknya dari rumah saya di Sidoarjo kurang lebih 60 km garis lurus.





No comments:

Post a Comment