Thursday, May 1, 2014

Merangkai Arrow

Biasanya saya posting tentang PVC BOW, kali ini saya ingin posting tentang merangkai arrow menggunakan kayu jati sebagai shaft, broadhead untuk tip nya serta duct tape untuk fletchings nya. Saya menggunakan duct tape karena fletching feathers yang saya import belum datang. So mari kita rangkai.

Pertama saya runcingkan ujung arrow shaft dengan menggunakan pisau lipat, seharusnya ada alat khusus seperti rautan pensil tetapi khusus untuk meruncingkan kayu anak panah, tetapi saya rasa dengan cara manual seperti ini juga saya selalu berhasil membuat anak panah yang bisa terbang lurus.


Setelah ujung arrow shaft muat masuk kedalam Glue On Zwickey Broadhead, saya mengelemnya dengan menggunakan epoxy. Sebelum saya lem, saya pastikan bahwa kedudukan broadhead nya center dengan arrow shaft yaitu dengan memutarnya, jika ujung anak panah saat berputar tetap di satu titik maka broadhead sudah center dengan arrow shaft. Baru setelah yaking hasil serutan saya sudah pas dan center maka broadhead saya lem menggunakan epoxy ke ujung arrow shaft.



Setelah broadhead saya lem di ujung arrow shaft sambil menunggu kering saya mengerjakan self nock, pertama saya gergaji menggunakan gergaji besi yang kecil, lalu saya lebarkan menggunakan kikir.


Setelah self nock jadi, saya memanaskan arrow shaft dan meluruskannya, well tahapan ini sebetulnya bisa juga dikerjakan sebelum memasang arrow head, tetapi saya mengerjakannya setelah membuat self nock, tidak masalah...


Setelah arrow shaft benar-benar lurus sesuai feeling saya, maka saya menyemprotkan polyurethane ke kayu arrow shaft untuk membuatnya lebih durable dan tahan air.


Setelah polyurethane mengering saatnya membuat fletchings. Karena fletching feathers import saya belum datang, maka saya menggunakan substitute yaitu fletching dari duct tape, saya udah menguji fletching duct tape ini ratusan tembakan, fletching ini sangat baik dan awet. So bagi anda dengan low budget yang ingin merangkai arrow sendiri, pakai duct tape aja ;-)

Saya membuat fletching nya dengan panjang 4 inchi.


Dan hasilnya


NB: Jika anda tidak mempunyai broadhead, anda bisa bikin sendiri arrow head nya dari bahan baja seperti gergaji besi yang lebar, anda potong membentuk arrow head, dan diikat menggunakan nylon dan lem epoxy untuk merangkainya di arrow shaft. Kapan-kapan akan saya fotokan step by step nya.


Dari Amirul Mukminin, Umar al-Faruq ibn al-Khattab, Rasulullah SAW bersabda:
“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” - Shahih Bukhari dan Muslim

Bersabda Rasulullah SAW lagi:
“Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baiknya permainanmu.” - Hadith riwayat  Bazzar dan Thabarani

Dari Uqbah bin Amir RA dia berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda di atas mimbar: “Persiapkanlah semua kekuatan yang kalian miliki. Ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah.” - Shahih Muslim Hadith no. 1917

"Jika kamu melepaskan panahmu, maka jika kamu dapati binatang itu sudah mati, makanlah, kecuali jika binatang tersebut kamu dapati jatuh ke dalam air, maka kamu tidak tahu apakah air itu yang menyebabkan binatang tersebut mati ataukah panahmu." HR. Bukhari dan Muslim

"Jika kamu melepaskan panahmu, tetapi (binatang yang kamu panah itu) hilang (tidak kelihatan) selama tiga hari, kemudian kamu dapati telah mati, maka makanlah selama ia belum busuk." HSR. Ahmad dan Muslim




No comments:

Post a Comment