Saturday, March 14, 2015

Arrow point terakhir hari ini

Memang ternyata dvd flint knapping yang saya beli mengajarkan saya banyak hal yang kadang tidak saya dapatkan di youtube, atau ada di youtube tetapi tidak terlalu kentara sehingga sulit utk memahami cara kerja flint knapping. Dengan video ini saya bisa improve cepat sekali, dan bisa memperhatikan apa yang tadinya tidak saya perhatikan di youtube atau memang saya yang mempunyai natural skill? I don't know hahahaha

Ini adalah point terakhir saya hari ini, dan merupakan point ke 6 yang saya bikin sejak mulai belajar knapping.

Dari batu novaculite.


Saya sedikit mengalami kesulitan membuat notching karena hanya mempunyai 1 antler pressure flaker, untuk membuat notching yang rapi perlu punya antler khusus untuk notching dengan ujung tanduk yg dibuat pipih. Saya sudah memesan 3 buah antler lagi, mudah-mudahan segera datang.

Keesokan harinya, stone point ini saya kerjakan lagi, saya rampingkan lagi (reworked), menjadi seperti foto dibawah ini.


Dan kemudian saya hafting di shaft kayu berdiameter 8mm menggunakan artificial sinew dan artificial pine pitch.


Flint point ini siap untuk dipakai berburu big games.

Dalam kesempatan ini pula saya menyempatkan diri untuk mengetest kekuatan flint arrow point jika ditembakkan ke sponge padat (eva foam), yang menurut banyak orang akan pecah berantakan. Eva foam saya memiliki ketebalan 2 cm lapis 4 ditambah paling belakang ada pallet kayu 2 buah. Mari kita buktikan di video dibawah ini, apakah stone arrow point saya pecah berantakan atau tidak.



Meskipun yang saya uji coba bukan arrow point yang ada di foto ini, tetapi arrow point yang lain yang juga terbuat dari novaculite, saya yakin bahwa stone arrow points saya siap untuk dipakai berburu.


No comments:

Post a Comment