Thursday, March 19, 2015

Obsidian Arrow Point

Hari ini saya membuat obsidian arrow point dari sisa pecahan obsidian kecil. Saya biasa mengumpulkan pecahan kecil dari flake yg sedang saya bikin point.. Dari pecahan kecil tersebut biasanya saya bikin birds point.

Pada saat saya menyimpan pecahan ini kondisi pecahannya tidak rata, tipis di satu sisi dan tebal di sisi lain, ini yang dulu saya belum bisa membuat point dari kondisi pecahan seperti ini. Sekarang semuanya lebih mudah, saya berhasil menipiskan bagian yang tebal. Sehingga menjadi seperti foto dibawah ini



Secara ideal, saya harus ganti tool di tahap ini, karena tool yang saya pakai adalah antler dengan ujung membulat tumpul, tahapan saat ini saya harusnya mengganti dengan antler dengan ujung runcing untuk menghindari pecah dan untuk mendapatkan hasil knapping yang lebih delicate. Tetapi berhubung 3 buah antlers yang sedang saya pesan belum datang mau tidak mau saya harus melanjutkan menyelesaikan point ini dengan kesadaran akan resiko pecah.

Juga untuk membuat notching harusnya saya menggunakan antler dengan ujung pipih. Tetapi lagi-lagi terpaksa saya menggunakan antler apa adanya dengan resiko pecah.

Akhirnya dengan kehati-hatian tingkat tinggi, saya berhasil menyelesaikan obsidian arrow point saya, dan saya cukup puas dengan hasilnya yang memang saya tujukan untuk hunting.


Saya langsung menghafting nya di arrow shaft berdiameter 8mm menggunakan artificial sinew dan artificial pine pitch. Saya juga sempat mencoba menembakkan arrow ini ke eva foam dengan longbow 65# dan syukurlah tidak pecah. Satu lagi arrow yang siap pakai untuk hunting.

No comments:

Post a Comment