Friday, February 20, 2015

Merangkai Sendiri Primitive Style Arrow

Saya udah sering menulis tentang pemasangan points, arrow heads, broadheads, baik yg import maupun yg bikin sendiri dari steel yg disebut trade point. Kali ini saya akan menulis tentang merangkai sendiri arrow tetapi penekanannya pada fletching bulu kalkun yang dibikin sendiri. Untuk point nya silahkan pakai point apa aja yg tersedia, bisa field point import, broadheads maupun trade point bikin sendiri dari steel pesan di tukang las, lihat tentang artikel saya trade point klik disini.

Pertama tama siapkan bulu sayap kalkun, memakai bulu sayap kalkun sangat direkomendasikan untuk membuat fletching bulu yang baik. Dimana bisa beli bulu sayap kalkun? Silahkan join group kami, ada beberapa member yang menjual bulu sayap kalkun di group kami, klik disini.


Karena bulu kalkun yg dijual lokal tidak dipisahkan antara left wing dg right wing, pastikan saat anda merangkai arrow dalam 1 arrow menggunakan sisi yang sama, left wing dipakai bersama-sama left wing dan right wing dg right wing.

Langkah selanjutnya adalah membelah quill shaft (batang bulu) dengan menggunakan cutter atau pisau yang tajam, gunakan telenan atau kayu untuk alasnya. Caranya adalah pisau/cutter ditancapkan di quill shaft sampai menembus alas kayu, kemudian bulu ditarik pelan-pelan sampai terbelah sempurna, lihat video cara membelahnya dibawah ini.



Setelah terbelah, langkah selanjutnya adalah menghaluskan belahan quill shaft sekaligus menipiskannya, karena jika dipakai langsung quill shaft belahan tersebut masih terlalu tebal. Saya menggunakan mini grinder dengan kabel extension dan memakai mata mini gerinda yang memakai amplas. Lihat video dibawah ini. Ratakan, tipiskan dan haluskan dari ujung ke ujung quill shaft.


Setelah belahan quill shaft dihaluskan dan ditipiskan, saya memotong bulu menjadi sepanjang 6 inchi, saya memilih bagian yang mendekati ujung untuk bagian bulu yg akan saya pakai, alasannya adalah bagian ujung adalah bagian bulu yang lebih tua daripada bagian pangkal, jadi fibers bulu nya lebih tebal/kaku dibandingkan yang ada di bagian pangkal.

Bulu setelah dipotong panjang 6 inchi

Kemudian saya preshape menjadi 5 inchi dengan saya sisakan kurang lebih 1/2 inchi quill shaft di depan dan 1/2 inchi quill shaft di belakang. Tetapi nantinya quill shaft sisaan tersebut saya potong lagi, secukupnya saja untuk dililit benang.

Bulu setelah di preshape 5 inchi

Langkah berikutnya adalah pengeleman, saya menggunakan lem epoxy 5 minutes (terserah mau merek apa lemnya) untuk mengelem bulu fletching tersebut di shaft berukuran 8mm, sebetulnya saya ingin memakai PINE PITCH GLUE tetapi sampai sekarang saya belum mendapatkannya... what a pitty....

Seperti inilah jadinya ketika sudah dilem dan dipasang di shaft. FYI, sebelum pengeleman saya sudah membuat selft nock nya terlebih dahulu dan jarak antara pangkal bulu dengan pantat self nock adalah selebar 2 jari tangan saya (telunjuk dan jari tengah). Lihat video di bawah ini.


Kemudian saya mengikat kedua ujung fletching depan dan belakang dengan menggunakan benang P.E. (pakai benang apa aja boleh). Lihat foto dibawah ini. Pakai sinew lebih keren....

Setelah dilem dan diikat menggunakan benang P.E.

Kemudian barulah pemasangan point/broadhead/trade point/flint point terserah anda.... Setelah point saya pasang barulah shaft saya vernish menggunakan varnish/polyurethane (langkah ini bsa saja dilakukan diawal), saya memilih diakhir karena menunggu vernish kering sempurna cukup lama, saya mending pasang semua dulu baru divarnish, karena tanpa varnish pun sebetulnya arrow sudah siap pakai.

Setelah varnish kering, saya trimming lagi kelebihan bulu sehingga fletching membentuk lebih ramping dan berkesan "PRIMITIVE" ;-) Lihat foto-foto dibawah ini.






Langkah paling akhir adalah quality control, saya coba menembakkan arrow ini dari jarak 12 meter menggunakan bow istri saya (karena longbow saya belum datang), dah sekali shoot hasilnya memuaskan.... quality control passed!



Untuk belajar lebih lanjut mengenai PRIMITIVE BOW HUNTING, silahkan gabung group kami di FB: Belajar Bushcraft dan Primitive Bow Hunting

No comments:

Post a Comment